Manfaat Rambut Jagung Buat Kesehatan

Manfaat Rambut Jagung Buat Kesehatan
========================================






Jagung merupakan tanaman yang telah lama  populer di masyarakat, di mana tanaman tersebut telah banyak dimanfaatkan sebagai alternatif sumber manfaat karbohidrat selain manfaat padi dan manfaat gandum. Dan tidak hanya di beberapa daerah di Indonesia saja, akan tetapi jagung telah dijadikan sebagai makanan pokok bagi penduduk di beberapa belahan dunia, seperti penduduk yang tinggal di Amerika bagian Tengah dan Selatan serta beberapa negara di benua Afrika.
ads

Akan tetapi selama ini banyak yang menganggap bahwa hanya bagian tongkol dari tanaman tersebut yang bisa dimanfaatkan, sehingga kita sering mengabaikan bagian lain dari tanaman tersebut yang sebenarnya menyimpan berbagai macam manfaat bagi kita. Ya, rambut jagung. Kita sering menganggap remeh keberadaan bagian dari tanaman jagung tersebut, padahal jika kita tahu terkandung manfaat yang begitu besar dari rambut jagung tersebut yaitu bisa di jadikan obat herbal alami seperti Obat Titan Gel. Apa sajakah itu? Sebelum membahas apa saja manfaat atau khasiat yang bisa kita dapatkan dari rambut jagung, ada baiknya jika kita tahu nutrisi yang terkandung dalam rambut jagung.

Kandungan Zat dalam Rambut Jagung

Dari beberapa penelitian seperti data-data yang berasal dari BPPT tahun 2005 telah menemukan bahwa di dalam rambut jagung terdapat kandungan manfaat antioksidan seperti flavonoid, saponin, dan β- karoten. Selain itu juga terdapat metabolit sekunder lain yang ditemukan dalam rambut jagung seperti zat samak, minyak atsiri, minyak lemak, alantoin, zat pahit, maysin, β- sitosterol, hordenin, geraniol, mentol, limonen, serta viteksin.

Masyarakat telah banyak mempergunakan ramuan yang berasal dari rambut jagung sebagai obat tradisional maupun dipergunakan sebagai bahan pembuat minuman herbal seperti teh. Adapun manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan rambut jagung untuk pengobatan tradisional, antara lain adalah :

1. Obat hipertensi

Sebagian masyarakat telah memanfaatkan rambut jagung dalam pengobatan tradisional, yaitu untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Adapun cara pembuatannya sangatlah mudah, yaitu :

    cukup dengan menyiapkan +/- 5 hingga 7 tongkol jagung muda dan 1 genggam rambut jagung.
    Untuk selanjutnya kedua bahan di atas direbus dengan menggunakan +/- 110 ml air bersih
    Minum ramuan hasil rebusan tersebut satu kali sehari selama satu minggu.

Perlu diperhatikan dalam pembuatan ramuan untuk menurunkan tekanan darah ini, adalah jangan menggunakan rambut jagung dalam jumlah yang terlalu banyak dalam ramuan. Hal itu nantinya dapat menurunkan tekanan darah Anda secara drastis dalam waktu yang relatif singkat.

2. Untuk meredakan panas dalam

Timbulnya panas dalam tentu saja akan berakibat terganggunya rutinitas kita sehari-hari. Meskipun saat ini telah banyak beredar obat panas dalam di pasaran dengan berbagai macam merk yang ternyata belum tentu aman untuk dikonsumsi. Jadi tak ada salahnya jika Anda mulai mencoba untuk mempergunakan ramuan alami yang berasal dari rambut jagung, karena rambut jagung memiliki sifat alami mendinginkan.






Komentar